Jumat, 09 September 2016

Resep Pempek Palembang

resep pempek palembang

Bikin pempek sendiri, kenapa enggak? 

Sedari kecil spicyfoody emang suka banget sama makanan khas kota Palembang satu ini. Apalagi kalau makan bareng kuah cukonya yang pedes. Mantaaap! Kios pempek dekat rumah pun sering jadi langganan kita, sampai akhirnya kios itu pindah belom lama ini dan kita pun lumayan tertantang untuk bikin sendiri dan sharing Resep Pempek Palembang ini.

Awalnya kita berpikir pasti langsung bisalah bikin pempek asal ngikutin resep dengan benar, tapi nyatanya? Wah butuh proses sampai 3 kali bikin baru berhasil loh (makanya videonya baru tayang sekarang hahaha). Percobaan pertama kita bikin pempek gagal karena adonan terlalu kenyal (kebanyakkan sagu), percobaan kedua kita juga gagal lagi karena adonan mirip roti (kebanyakan terigu haha) Emang namanya pantang menyerah, barulah pada percobaan ketiga ini kita bisa bilang pempeknya layak tayang jadi video. Horeeee! Semangat terus ya buat yang mau coba! Langsung aja yuk intip resepnya di bawah ini :)

resep pempek palembang


RESEP PEMPEK PALEMBANG

BAHAN BIANG

2 sdm tepung terigu
225 ml air
2 siung bawang putih (haluskan)

BAHAN UTAMA

300 gram daging ikan tenggiri (tumbuk)
300 gram tepung sagu tani
1 sdm garam
1 sdm penyedap kaldu sapi
1 sdt gula pasir

BAHAN ISI (untuk kapal selam)

telur ayam kocok lepas

BAHAN KUAH CUKO

1 liter air
4 buah gula aren/jawa (sisir)
1 sdm asam jawa (rendam air hangat)
garam (sesuai selera)
gula (sesuai selera)
cuka masak (sesuai selera)
Bumbu Halus
6 siung bawang putih
1 sdm udang kering (goreng)
cabai rawit (sesuai selera)


CARA MEMBUAT

1. KUAH CUKO: masak air hingga mendidih, masukkan gula aren, bumbu halus, air asam jawa, garam, dan gula. Aduk rata dan setelah mendidih, masukkan cuka. Koreksi rasa.
2. BAHAN BIANG: Rebus air, tepung terigu, dan bawang putih yang telah dihaluskan. Aduk terus hingga adonan mengental. Angkat dan biarkan hangat.
3. Dalam wadah terpisah, masukkan ikan tenggiri, bahan biang, garam, gula, dan penyedap rasa. Aduk dan uleni hingga rata. Sesekali banting-banting adonan hingga kalis.
4. Masukkan tepung sagu tani secara bertahap (3-4 kali) sambil terus diaduk rata dan uleni.
5. Bentuk adonan menjadi 3 macam; bulat, lonjong, dan kapal selam (untuk cara membuatnya lebih jelas, tonton video di Youtube Channel spicyfoody)
6. Masak air hingga mendidih, masukkan pempek yang telah dibentuk. Rebus hingga matang (mengapung). Angkat dan tiriskan di atas rak pendingin.
7. Setelah dingin, goreng pempek dengan menggunakan api sedang hingga kuning kecokelatan. Angkat dan tiriskan.
8. Sajikan pempek dengan kuah cuko,mie rebus, dan irisan ketimun.


TIPS 

* Takaran bahan biang, ikan tenggiri, dan sagu tani sangat penting untuk menghasilkan tekstur pempek yang tepat. Oleh karena itu, pastikan rasio perbandingannya benar.
* Ikan tenggiri akan menghasilkan tekstur yang lebih nikmat jika ditumbuk, tapi kalau mau diblender boleh saja.
* Tiriskan pempek yang telah direbus di atas cooling rack atau rak pendingin. Jangan menggunakan wadah tertutup/tissue paper karena akan membuat pempek menjadi basah dalam endapan air dan sangat lengket saat digoreng.
* Proses menguleni adonan pempek juga penting hingga kalis, tapi jangan terlalu over juga.
* Tingkat kemanisan, keasaman, dan kepedasan kuah cuko tergantung selera ya. Kita disini sukanya yang lebih pedas, asam, dan manisnya sama-sama terasa.
* Pernah baca beberapa referensi, kuah cuko katanya lebih nikmat kalau diendapkan selama 1 malam dan tambahkan tongcai jika suka.

Selamat mencoba Resep Pempek Palembang ini ya! :)


SEE YOU ON THE NEXT VIDEO!

SUBSCRIBE & FOLLOW US 
email: spicyfoody.id@gmail.com





Tidak ada komentar

Posting Komentar

© spicyfoody - Indonesian Sisters who Love to Cook and Eat Spicy Food